4 Tahun Dipenjara Karena Terbukti Korupsi, Mantan Menkes Siti Fadilah Akhirnya Hirup Udara Bebas

- 31 Oktober 2020, 13:05 WIB
Mantan Menteri Kesehatan Indonesia, Siti Fadilah Supari.* /ANTARA/

Zonajakarta.com - Setelah menjalani hukuman penjara selama 4 tahun, mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari akhirnya dinyatakan bebas murni pada Sabtu (31/10/2020).

Dikutip Zonajakarta.com dari RRI, mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari telah divonis empat tahun penjara oleh majelis hakim pada Pengadilan Tipikor Jakarta pada 16 Juni 2017.

Siti juga diwajibkan membayar denda Rp 200 juta subsider 2 bulan kurungan.

Baca Juga: Jajan Murah dan Hemat Hanya Rp1, Simak Caranya di Sini

Menurut majelis hakim, Siti terbukti menyalahgunaan wewenang dalam kegiatan pengadaan alat kesehatan (alkes) guna mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) tahun 2005, pada Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan (PPMK) Departemen Kesehatan.

"Mengadili, menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi," ujar Ketua Majelis Hakim Ibnu Basuki saat membacakan amar putusan.

Pada Sabtu (31/10/2020), Siti Fadillah Supari dinyatakan dapat menghirup udara bebas setelah dijerat hukuman penjara empat tahun.

Baca Juga: Jerman Peringatkan Raja Vajiralongkorn Akan Ada Konsekuensi Hukuman Jika Langgar Peraturan

"Iya betul sudah bebas," ungkap Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkumham, Rika Aprianti ketika dikonfirmasi RRI pada Sabtu (31/10/2020).

Halaman:

Editor: Nika Wahyu

Sumber: RRI, ANTARA News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X