Pantas IKN Nusantara Dipuji China, Malaysia Pernah Ngemis Proyek ke Indonesia: Saya Mohon Kami Boleh Terlibat

- 3 Juni 2022, 16:52 WIB
Desain Istana IKN Nusantara yang telah disetujui oleh Presiden Jokowi.
Desain Istana IKN Nusantara yang telah disetujui oleh Presiden Jokowi. /Instagram/@nyoman_nuarta

Zonajakarta.com- China yakin ibu kota negara (IKN) baru Indonesia dibangun dengan sistem pertahanan canggih.

Bahkan, seorang pakar sampai memuji Nusantara, IKN yang kini tengah dibangun Indonesia.

Hal ini seperti dikutip Zonajakarta.com dari artikel terbitan Sohu.com pada 20 Januari 2022, peneliti China rupanya sudah lama pasang mata ke calon ibu kota baru Indonesia, Nusantara.

Baca Juga: China Hingga Rusia Tak Akan Berdaya, KF-21 Boramae Indonesia Bisa Tembak Rudal Tanpa Ketahuan, Ini Rahasianya

"Xu Liping, peneliti Institute of Asia-Pacific and Global Strategy of Chinese Academy of Social Sciences, menganalisis bahwa pemindahan ibu kota Indonesia tidak berarti menyerah pada Jakarta, dan status pusat ekonomi Jakarta tidak akan berubah.

"Pemindahan ibu kota sebenarnya merupakan semacam pengurangan beban bagi Jakarta yang kondusif bagi terwujudnya pembangunan yang sehat".

"Dapat dikatakan bahwa alasan penting mengapa pemerintah Indonesia bertekad untuk memindahkan ibu kota adalah karena kota Jakarta sendiri sedang menghadapi berbagai masalah yang mengkhawatirkan. Tetapi perlu dicatat bahwa ini bukan satu-satunya alasan," jelas Suho.com.

Baca Juga: Rudal Balistik Tak Mengusiknya, China Malah Yakin Kebangkitan Indonesia Terjadi Usai Pindah Ibu Kota: Canggih!

"Xu Liping menilai langkah Jokowi juga memiliki makna yang dalam, ia sebenarnya berusaha menarik investasi asing di luar Jawa dengan memindahkan ibu kota," lanjut media China tersebut.

Halaman:

Editor: Zulaika Rizkia

Sumber: Pikiran Rakyat ANTARA mbda-systems.com sohu.com Portail-ie.fr


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x