Gertak Negara Adidaya, Duta Besar China Sebut Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan Merusak Hubungan AS dan China

- 4 Agustus 2022, 14:25 WIB
Ketua DPR AS Nancy Pelosi berbicara dengan Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu sebelum naik pesawat di Bandara Songshan Taipei di Taipei, Taiwan 3 Agustus 2022.
Ketua DPR AS Nancy Pelosi berbicara dengan Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu sebelum naik pesawat di Bandara Songshan Taipei di Taipei, Taiwan 3 Agustus 2022. /Kementerian Luar Negeri Taiwan/Handout via REUTERS

ZONAJAKARTA.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi bakal melanjutkan kunjunganny ke Taiwan.

Padahal sudah ada ancaman dari China untuk 'membalas' jika dia melanjutkan kunjungannya ke pulau yang masih dianggap sebagai bagian dari wilayahnya.

Sebelumnya Pelosi menolak untuk mengkonfirmasi apakah dia akan berhenti di Taiwan.

Namun informasi terbaru mengklaim pejabat AS dan Taiwan bahwa pembicara akan berhenti di Taiwan sebagai bagian dari jadwal tur Asia-nya, kunjungan pertama oleh Pembicara AS ke Taiwan dalam periode 25 tahun.

Dilansir dari Defence Security Asia, pemerintahan Presiden Joe Biden dan pemerintah militer negara itu juga menyarankan delegasi Pelosi untuk membatalkan rencananya mengunjungi Taiwan, menyusul ancaman aksi militer dari China.

Baca Juga: Kunjungi Taiwan, Nancy Pelosi Diberi Sambutan Tembakan 50 Peluru Kendali China

Hari Selasa ini, Pelosi diperkirakan akan tiba di Malaysia di mana ia dijadwalkan untuk melakukan kunjungan kehormatan kepada Ketua Dewan Rakyat Azhar Azizan Harun di Dewan Rakyat.

Perdana Menteri juga dikatakan akan makan siang dengan Ketua Amerika Serikat.

Sementara Senin kemarin, Pelosi berada di Singapura.

Halaman:

Editor: Nika Wahyu

Sumber: Antara News Defence Security Asia


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x