Thailand Gigit Jari, Usaha Negeri Seribu Pagoda Miliki F-35A Gagal Karena Terhalang Hal Penting Ini

- 4 Agustus 2022, 18:15 WIB
F-35A
F-35A /The Aviation Geek Club

ZONAJAKARTA.com - Negara Thailand nampaknya harus mengubur dalam-dalam keinginan untuk mengakuisisi pesawat tempur F-35.

Pasalnya, Negeri Seribu Pagoda itu tidak mendapatkan lampu hijau dari pemerintahannya untuk membeli pesawat tempur dari Amerika Serikat tersebut.

Diketahui sebuah komite pengadaan Parlemen Thailand telah menolak permohonan yang diajukan oleh Angkatan Udara negara tersebut untuk alokasi keuangan untuk membeli dua unit F-35A.

Komite pengadaan parlemen Thailand mengatakan angkatan udara negara tersebut telah gagal memastikan apakah Kongres AS akan menyetujui penjualan pesawat canggih tersebut.

Dilansir dari Defence Security Asia, Wakil Ketua Panitia Pengadaan Parlemen Thailand, Yutthapong Charassathian, mengatakan pihaknya menilai proses akuisisi dua pesawat tempur F-35A dari Amerika Serikat membutuhkan waktu 20 bulan.

Baca Juga: Saudara Tua Dukung Indonesia di Laut Natuna Utara yang Diklaim China: Desak Tiongkok untuk Tahan Diri

Menurutnya, sebaiknya alokasi pembelian dua pesawat F-35A digunakan untuk membantu kehidupan masyarakat Thailand yang terdampak pandemi Covid-19.

Karena itu, panitia pengadaan parlemen negara tersebut memutuskan menolak permohonan Royal Thai Air Force untuk pengadaan pembelian dua pesawat F-35A.

Angkatan Udara Kerajaan Thailand berencana untuk mengakuisisi antara delapan dan 12 pesawat F-35A yang akan diperoleh secara bertahap hingga tahun 2032.

Halaman:

Editor: Nika Wahyu

Sumber: Military Today Defence Security Asia


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x