China Kirim Kapal Mata-mata Untuk tekan Vietnam, Hanoi Tak Tinggal Diam Hanoi Beri Peringatan Keras

- 16 Oktober 2020, 19:15 WIB
China Kirim Kapal Mata-mata Untuk tekan Vietnam, Hanoi Tak Tinggal Diam Hanoi Beri Peringatan Keras /Getty Image/

Zonajakarta.com- Berdasarkan data pendeteksi kapal asing mengungkapkan jika Beijing telah mengirimkan kapal mata-mata penjaga pantai ke perariran sengketa di laut china selatan.

Diketahui jika China sering mengirimkan kapal penjaga pantai Tiongkok ke perairan sengketa untuk memantau gerakan negara tersebut dan untuk tujuan militer.

Hal ini ditafsirkan sebagai penegasan klaimnya atas hak historis laut china selatan di hampir seluruh jalur air yang disengketakan.

Baca Juga: China Uji Coba Drone Bunuh Diri, Kekuatan Bomnya Bisa Hancurkan Tank Hingga Kendaraan Lapis BajaPengiriman kapal mata-mata ke laut china selatan di perairan yang disengketakan terjadi saat perdana menteri baru Jepang Yoshihide Suga bersiap untuk mengunjungi Vietnam minggu depan, negara yang dipandang Beijing sebagai saingan strategis.

Diharapkan Jepang bisa merencanakan untuk menjual alutsista ke negara satu pihak.

Data pengiriman yang ditinjau oleh RFA mengungkapkan survei Shiyan-1 dan kapal penelitian berangkat dari Teluk Haikou, di provinsi Hainan China, pada hari Senin.

Baca Juga: ShopeePay Day Digelar 15 Oktober Hadirkan Solusi Belanja Hemat Sambut Shopee 11.11 Big Sale

Baca Juga: Waktunya Cek Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini Untuk Referensi Makanan Hingga Kecantikan

Kemudian datang dalam jarak 70 mil laut dari provinsi Quang Ngai Vietnam pada Selasa dan Rabu pagi, kapal tersebut berada 78 mil laut di lepas pantai provinsi Binh Dinh di pantai tengah Vietnam.

Halaman:

Editor: Ines Dewi

Sumber: express.co.uk


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X