China Ancam Akan Menahan Warga AS yang Ada di Beijing, Tuntut Bebaskan Mahasiswanya yang Ditahan

- 18 Oktober 2020, 20:15 WIB
ILUSTRASI perseteruan Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok di Majelis Umum ke-75 PBB.* /pixabay

Zonajakarta.com- Pemerintah China memberi peringatan kepada Washington jika mereka tak segan-segan akan menahan orang Amerika di China .

Dilaporkan oleh Wall Street Journal, ancaman ini dilakukan sebagai tangapan atas tuntutan Departemen Kehakiman terhadap para mahasiswa yang dianggap berafiliasi dengan militer China.

Pemerintah China pun telah berulang kali mengeluarkan peringatan tersebut melalui berbagai saluran mulai dari televisi hingga surat kabar yang ditujukan kepada para pejabat pemerintah Amerika Serikat.

Baca Juga: Waktunya Cek Merchant Baru ShopeePay Minggu Ini Untuk Referensi Makanan Hingga Kecantikan

Surat kabar itu mengatakan pesan China adalah Amerika Serikat harus mengakhiri penuntutan terhadap para mahasiswa China di pengadilan AS, atau orang Amerika yang berada di China saat ini akan menerima akibatnya dengan tuntutan melanggar hukum di China.

Pada 14 September lalu, Penasihat Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengeluarkan pelarangan  kepada warganya untuk melakukan perjalanan ke China.

Ia menyebutkan jika pemerintah China telah menggunakan kekuasaannya dengan sewenang-wenang dan melarang warga AS agar tidak bisa keluar dari China.

Baca Juga: ShopeePay Day Digelar 15 Oktober Hadirkan Solusi Belanja Hemat Sambut Shopee 11.11 Big Sale

Hal ini dilakukan pemerintah China untuk mendapatkan posisi tawar menawarterkait para mahasiswa China yang kini tengah diadili di persidangan AS.

Halaman:

Editor: Ines Dewi

Sumber: Reuters


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X