Upaya Terakhir AS Satukan Kekuatan Lawan China, O'Brien Kunjungi Vietnam Untuk Capai Kesepakatan ini

- 19 November 2020, 08:45 WIB
Robert O'Brien (kiri) penasehat keamanan nasional Trump dinyatakan positif COVID-19: Para pejabat Dunia mengaku kaget dengan kejadian serangan teror Wina dan mengucapkan bela sungkawa, doa serta dukungan pada Austria. /Jurnal Presisi/*Twitter

Zonajakarta.com- Penasihat Keamanan Nasional AS Robert O'Brien baru-baru ini dikabarkan akan melakukan kunjungan ke Vietnam.

Para ahli menilai tindakan O'Brien ini merupakan langkah terakhir di menit-menit kepemimpinan Donald Trump yang akan segera digantikan Joe Biden sebagai upaya untuk memperkuat warisannya dalam melawan ambisi China di China Selatan">Laut China Selatan yang disengketakan.

O'Brien melakukan perjalanan selam tiga hari setelah sebelumnya melakukan kunjungan ke Hanoi bulan lalu bersama Menteri Luar Negeri AS Mike Pompoe.

Baca Juga: Intip Tren Bersepeda, Olahraga Populer di Kala Pandemi

Dalam kunjungannya ke Vietnam, O'Brien diharapkan dapat bertemu dengan Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc selaku Menteri Luar Negeri Pham Binh Minh, Menteri Pertahanan Ngo Xuan Lich dan Kemanan Publik Menteri To Lam.

Meski kunjungan O'Brien belum diumumkan secara resmi, namun Pham Quang Minh, seorang mantan rektor Universitas Ilmu Sosial da Humaniora di Uiversitas Vietam di Hanoi mengatakan jika pada minggu ini O'Brien akan menjadi pembicara di Akademi Diplomatik Vietnam.

Saat dimintai konfirmasi atas perjalanan O'Brien ke Vietnam, Departemen Luar Negeri AS juga tidak pernah membantah ataupun membenarkan rencana tersebut.

Baca Juga: Joe Biden Sebut Akan Lebih Banyak Orang yang Mati Jika Trump Terus Halangi Dirinya di Masa Transisi

 

Halaman:

Editor: Ines Dewi

Sumber: SCMP


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X