Ternyata Mengkonsumsi Kopi Juga Mampu Turunkan Risiko Penyakit Empedu

- 31 Mei 2020, 15:45 WIB
ILUSTRASI kopi.* /Pixabay

Zonajakarta.com - Tidak sedikit para ilmuwan mengatakan mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan fungsi otak hingga dapat mengatasi depresi.

Tidak hanya itu kopi juga diyakini dapat menurunkan risiko terhadap penyakit hati.

Baca Juga: Baju APD Buatan Indonesia Layak dan Dapat Pengakuan WHO

Namun sebuah penelitian baru ternyata kopi dapat memiliki potensi melindungi Anda dari penyakit batu empedu dan pankreatitis.

Dilansir Antara, kemampuan kopi itu berdasarkan laporan dari Institute for Scientific Information on Coffee atau ISIC.

Dalam laporan yang berjudul “Kopi dan Pengaruhnya terhadap Pencernaan” itu menuliskan bahwa mengkonsumsi kopi dapat membantu proses pencernaan termasuk dapat mempromosikan motilitas usus yaitu kemampuan bergerak menggunakan energi metabolik.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut 15 Daerah di Jabar Siap Terapkan New Normal

"Efek kopi pada pencernaan merupakan penelitian yang terus berkembang. Data menunjukkan manfaat kopi terhadap keluhan pencernaan umum seperti sembelit, serta potensi pengurangan risiko kondisi yang lebih serius seperti penyakit hati kronis, penyakit hati berlemak non-alkohol, batu empedu dan pankreatitis," ujar Profesor Carlo La Vecchia dari Departemen Ilmu Klinis dan Kesehatan Masyarakat, Universitas Milan, Italia dilansir Indian Express, Sabtu.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa, batu empedu adalah gangguan pencernaan umum yang disebabkan oleh akumulasi batu empedu di kantong empedu atau saluran empedu.

Halaman:

Editor: Richard Tamon

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X