BNPB Sebut Gempa Besar 9,1 M Bisa Bangkitkan Tsunami Menyapu Pulau Jawa Bagian Selatan

- 29 Desember 2020, 21:00 WIB
BNPB Sebut Gempa Besar 9,1 M Bisa Bangkitkan Tsunami Menyapu Pulau Jawa Bagian Selatan /Pixabay /Wikiimages.

ZONAJAKARTA.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) membuat perkiraan adanya potensi gempa.

Gempa yang berpotensi sebesar 9,1 Magnitudo dan bisa membangkitkan Tsunami tersebut akan menyapu kawasan selatan pulau Jawa diantaranya Banten-Jawa Barat hingga ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Plt. Direktur Pemetaan dan Evakuasi Risiko Bencana BNPB Abdul Muhari, Ph.D. menjelaskan jika segmen Jateng-Jatim berpotensi adanya gempa hingga 8,9 M.

Baca Juga: Bravo Jackmania!, Pecundangi Persib Bandung, Persija Jakarta Rajai Kub Paling Populer di Asia

“Sedangkan segmen Jateng - Jatim berpotensi memiliki energi magnitudo 8,9 yang jika terlepas secara bersamaan akan menghasilkan potensi energi setara magnitudo 9,1,” ujar Abdul Muhari dalam siaran pers yang dikutip zonajakarta.com dari Pikiran-rakyat.com, Selasa (28/12/2020).

Untuk meminimalisir dampak tsunami, maka BNPB sedang mendesain upaya mitigasi terintegrasi.

Upaya tersebut ialah pembangunan Greenbelt yang terdiri dari dua tanaman pohon, mangrove dan pohon palaka di pesisir pantai selatan Jawa.

Baca Juga: Butuh Ide Liburan Natal dan Akhir Tahun di Rumah? Simak di Sini

Mangrove ditanam di sisi menghadap ke laut dengan jenis pandanus atau jenis mangrove lain yang bisa tumbuh di substrat pasir.

Halaman:

Editor: Beryl Santoso

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X