197 Bencana Alam Terjadi Sepanjang Januari 2021, BNPB: 1,9 Juta Lebih Orang Menderita dan Terpaksa Mengungsi

- 24 Januari 2021, 18:00 WIB
Banjir mendominasi bencana yang terjadi di Januari 2021. /Foto Relawan BPBD Manado

ZONAJAKARTA.com - Masyarakat Indonesia mengalami sejumlah bencana alam di berbagai wilayah di awal tahun 2021.

Mulai dari gempa bumi di Sumatera Barat, banjir di Kalimantan Selatan, erupsi Gunung Merapi, tanah longsor di Sumedang, hingga angin puting beliung di Waduk Gajahmungkur, Wonogiri.

Banyak masyarakat menjadi korban bencana hingga mengungsi ke tempat aman. Di sisi lain kerugian juga dialami korban bencana.

Baca Juga: Ingin Buat Indonesia Layaknya Suriah, Isu Taliban KPK Kembali Dihembuskan

Sejak awal tahun hingga 23 Januari 2021, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 197 bencana alam terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

Dilansir Zonajakarta.com dari PMJ News, mayoritas didominasi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan puting beliung.

Penyataan tersebut disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati dalam keterangan persnya, Minggu (24/1/2021).

Baca Juga: Keringanan Tagihan Listrik Diperpanjang Sampai Maret 2021, Subsidi Listrik Gratis Kini Dibatasi 720 Jam Nyala!

"Catatan BNPB, sebanyak 134 kejadian banjir terjadi di beberapa wilayah Tanah Air, sedangkan tanah longsor 31 dan puting beliung 24. Kejadian bencana lain yang tercatat yaitu gelombang pasang 5 kejadian dan gempa bumi 3," jelas Raditya.

Halaman:

Editor: Nika Wahyu

Sumber: PMJ News, BNPB


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X