Ini Faktanya Soal Obat Chloroquine Dapat Menghambat Virus Corona

- 24 Maret 2020, 06:54 WIB
CHLOROQUINE yang dianggap sebagai obat potensial untuk virus corona /via Pikiran Rakyat Depok

Zonajakarta.com - Presiden Joko widodo belum lama ini menginformasikan bahwa terdapat beberapa obat yang dapat mengatasi virus corona.

Pernyataan tersebut, Jokowi mengatakan bahwa obat Avigan dan Chloroquine, berdasarkan pengalaman negara lain dapat mengatasi virus corona. Lebih lanjut Jokowi juga megatakan bahwa obat virus corona sampai saat ini belum ada obatnya.

Baca Juga: Donasikan Sebagian Hartanya Lawan Virus Corona, Raffi Ahmad: Dokter, Perawat Pahlawan di Garda Terdepan!

"Sesuai hasil riset dan pengalaman beberapa negara yang menggunakan jenis obat tertentu untuk mengatasi Covid-19 ini, pemerintah telah memesan dua juta Avigan dan menyiapkan tiga juta Chloroquine yang akan diresepkan oleh dokter apabila diperlukan" kata Jokowi.

Dengan menyebut nama obat tersebut, tidak sedikit masyarakat menanggapi terkait jenis obat tersebut termasuk obat Chloroquine.

Bahka terkait obat Chloroquine sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sempat mengkategorikan informasi tersebut ke dalam hoaks atau berita bohong.

Dalam kenyataannya Presiden telah mengeluarkan instruksi kepada menteri BUMN untuk memproduksi atau menyiapkan obat tersebut untuk mengatasi masalah virus corona di Indonesia.

Baca Juga: Lagi Pemain Sepakbola Juventus, Paulo Dybala Tepapar Virus Corona

Setelah mendapat fakta terbaru mengenai Chloroquine tersebut, Diskominfo lalu mencabut pernyataannya yang mengungkap bahwa obat tersebut adalah hoaks.

Halaman:

Editor: Richard Tamon

Sumber: Pikiran Rakyat Depok

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X