Update Virus Corona: Alasan Jokowi Tidak Lakukan Lockdown Indonesia

- 25 Maret 2020, 08:02 WIB
Ilustrasi Virus Corona

Zonajakarta.com - Banyak negara telah melakukan langkah luar biasa dalam menangulangi penyebaran virus corona yang telah menjadi pandemi global.

Langkah luar biasa perlu dilakukan oleh beberapa negara yang sudah terlalu besar dampaknya akibat virus corona.

Baca Juga: Update Virus Corona, Wapres Minta MUI Keluarkan Fatwa untuk Pengurusan Jenazah

Lockdown atau penutupan wilayah bagi pendatang termasuk masyarakatnya dan imbauan kepada masyarakat untuk melarang atau membatasi keluar rumah adalah pilihan terpaksa dilakukan.

Tiongkok sebagai negara tempat pertama kali ditemukannya virus corona menutup negaranya dari pendatang termasuk melarang warganya untuk keluar rumah. Lockdown ternyata ampuh dalam mencegah meluasnya virus corona ditiongkok terbukti setelah hampir 3 bulan negara Tiongkok menyatakan tidak ditemukanya virus baru.

Baca Juga: Jokowi Hormat Sekaligus Berduka Terhadap Para Tenaga Medis Indonesia

Italia, negara yang mengalami dampak terbesar akibat virus corona. Saat ini Italia mencatatkan jumlah kasus positif virus corona warganya sudah melebihi Tiongkok. langkah lockdown di negara Pizza tersebut dianggap terlambat setelah sudah begitu banyak jumlah angka kematian yang disebabkan oleh virus corona. 

Dilaporkan hingga saat ini jumlah kasus virus corona di Italia tercatat 63.927. Jumlah meninggal dunia mencapai lebih dari 6.000 orang lebih. Catatan tersebut menjadikan Italia memiliki tingkat kematian tertinggi di dunia.

Begitupun dengan Malaysia langkah luar biasa tersebut telah diterapkan agar tidak meluasnya virus corona di negaranya, bahkan pemerintah akan menindak warganya apabila kebijakan lockdown tidak diindahkan.

Halaman:

Editor: Richard Tamon

Sumber: Instagram

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X