Virus Corona Memaksa Ujian Negara Ditiadakan, Ini Penggantinya?

- 25 Maret 2020, 15:34 WIB
Aktivitas siswa dan siswi SMPN 2 Kota Depok saat melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) agama kristen di ruang kelas khusus agama kristen di SMPN 2 Kota Depok Amir Faisol/PR

Zonajakarta.com - Ujian negara atau UN yang biasa dilakukan diakhir penghujung sekolah, akhirnya ditiadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pandemi virus corona yang terjadi di dunia termasuk Indonesia, memaksa Kemendikbud untuk melindungi para siswa termasuk keluarga siswa dari virus corona sebagai prioritas.

Baca Juga: Tidak Disangka, Milenial Berpotensi Besar Menularkan Virus Corona

Keputusan tersebut di setujui oleh DPR sebagai langkah untuk mencegah meluasnya virus corona serta melindungi para siswa dan keluarganya.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda "DPR dan Kemendikbud sepakat meniadakan Ujian Nasional (UN) untuk melindungi siswa dari virus corona" .

"Dari hasil rapat konsultasi DPR dan Kemendikbud, disepakati bahwa pelaksanaan UN SMP dan SMA ditiadakan untuk melindungi siswa dari Covid-19," ujar Syaiful Huda dalam keterangannya di Jakarta, Selasa 24 Maret 2020 sebagaimana dilaporkan Antara.

Baca Juga: Akibat Virus Corona Membuat Menteri Kesehatan Inggris Kehilangan 2 Kemampuan Ini...

Kesepakatan itu didasarkan juga pada penyebaran virus corona yang semakin masif.

UN SMA seharusnya dilaksanakan pada 30 Maret 2020. Sementara UN SMP harus dijadwalkan paling lambat digelar akhir April 2020.

Halaman:

Editor: Richard Tamon

Sumber: Pikiran Rakyat Depok

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X