Atasi Beban Ekonomi Rakyat Akibat Covid-19, Jokowi Siapkan Rp 110 Triliun

- 8 April 2020, 18:04 WIB
Presiden Joko Widodo dalam memimpin rapat terbatas Efektifitas Jaring Pengaman Sosial Humas Setkab

Zonajakarta.com - Dalam mengatasi persoalan ekonomi bagi masyarakat bawah, yang diakibatkan pandemi virus corona atau covid-19, Pemerintah telah menyiapkan dana sebagai Jaring Pengaman Sosial.

Dana yang telah disediakan sebesar Rp 110 triliun yang akan segera diberikan untuk menjaga daya beli masyarakat bawah yang terdampak langsung akibat virus corona yang sampai saat ini belum juga berakhir.

Baca Juga: THR dan Gaji ke-13 Bagi ASN, TNI dan Polri Aman Namun Belum Diputuskan

Dilansir dari laman Setgab, hal tersebut dikatakan langsung oleh Presdien Joko Widodo pada rapat terbatas soal Efektifitas Penyaluran Program Jaring Pengaman Sosial, pada Selasa 7 April 2020 di Istana Merdeka, Jakarta.

“Pemerintah telah memperluas jumlah keluarga penerima manfaat dari Program Keluarga Harapan (PKH), dari 9,2 juta penerima menjadi 10 juta,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi juga mengungkapkan akan memperbesar nilai manfaat terhadap Program Keluarga Harapan dengan menaikan lebih dari 25 persen. Ini berarti penyaluranya akan dipercepat dari 3 bulan sekali menjadi 1 bulan sekali.

Baca Juga: Hadapi Covid-19, Jokowi Tetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar

Selain itu Kartu Sembako yang sebelumnya berjumlah 15,2 juta penerima akan dinaikan menjadi 20 juta penerima. Artinya nilainya bertambah dari Rp 150 ribu menjadi Rp 200 ribu.

“Kartu Sembako juga dinaikan dari 15,2 juta penerima menjadi 20 juta penerima manfaat yang nilainya dinaikan 30% dari Rp 150.000 menjadi Rp 200.000 dan diberikan selama 9 bulan,” kata Jokowi.

Halaman:

Editor: Richard Tamon

Sumber: setkab


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X