Pemerintah Diharapkan Membenahi Mekanisme Penyularan Subsidi, Kurangi Beban APBN

- 5 Agustus 2022, 19:00 WIB
Kebijakan pemerintah menahan harga barang-barang subsidi yaitu pertalite, gas 3 Kg dan listrik di bawah 900 VA menahan laju kenaikan inflasi. Tetapi kebijakan pemerintah itu menyebabkan beban subsidi di APBN
Kebijakan pemerintah menahan harga barang-barang subsidi yaitu pertalite, gas 3 Kg dan listrik di bawah 900 VA menahan laju kenaikan inflasi. Tetapi kebijakan pemerintah itu menyebabkan beban subsidi di APBN /Pertamina

ZONAJAKARTA.com - Pemerintah diharapkan membenahi mekanisme panyaluran subsidi.

Sehingga subsidi yang diberikan pemerintah kepada masyarakat dapat mengurangi beban APBN.

Dikatakan oleh Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Piter A. Redjalam kebijakan subsidi pemerintah memang mampu menahan laju inflasi.

Sayangnya, subsidi tersebut justru memperberat beban APBN.

Baca Juga: Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB Disebut Punya Peluang Menambah Koalisi Walaupun Kecil

"Kebijakan pemerintah menahan harga barang-barang subsidi yaitu pertalite, gas 3 Kg dan listrik di bawah 900 VA menahan laju kenaikan inflasi. Tetapi kebijakan pemerintah itu menyebabkan beban subsidi di APBN menjadi sangat besar, lebih dari Rp500 triliun," terang Piter di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, rencana pemerintah untuk mengurangi beban APBN bisa dilakukan dengan memperbaiki mekanisme penyaluran subsidi agar lebih efektif dan efisien.

Dengan perbaikan mekanisme, subsidi bisa lebih tepat sasaran sekaligus meringankan beban APBN.

"Untuk mengurangi beban subsidi dalam APBN ini pemerintah berencana untuk memperbaiki mekanisme subsidi yang lebih tepat sasaran," tambahnya.

Halaman:

Editor: Richard Tamon


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x