Siap-siap! Besok Pagi Fenomena Aphelion Melanda Sebagian Indonesia, Suhu Dingin Menanti

- 3 Juli 2020, 20:13 WIB
Hamparan sawah dengan latar belakang Gunung Galunggung terlihat dari Kampung Cisampang, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (7/3/2020). Setelah 38 tahun meletus, risiko bencana akibat kerusakan lingkungan semakin tinggi jika Galunggung kembali erupsi. /BAMBANG ARIFIANTO/"PR"/

ZONA JAKARTA - Gerhana Matahari cincin sempat hiasi langit Indonesia pada akhir Juni lalu.

Kini fenomena alam setahun sekali kembali menanti Indonesia.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut besok pada Sabtu, 4 Juli 2020 akan terjadi fenomena aphelion yang akan memberikan dampak yang bisa dirasakan di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Baca Juga: Patah Hati Nasional untuk Lebak Bulus dan Sekitarnya, Ini Sosok Dikta, Pria yang Gegerkan Dunia Maya

Aphelion merupakan fenomena di mana posisi Bumi berada pada titik terjauh dengan Matahari.

Fenomena ini terjadi karena orbit bumi tidak sepenuhnya lingkaran sempurna, melainkan berbentuk elips dengan kelonjongan sekitar 1/60.

Menurut LAPAN, fenomena aphelion secara umum tidak ada dampak yang signifikan pada Bumi. Tetapi menyebutkan akan ada suhu dingin ketika pagi hari yang terjadi belakangan ini dan nanti sampai dengan Agustus merupakan hal yang biasa terjadi pada musim kemarau.

Baca Juga: Kurang Sosialisasi Tapi Sudah Berlaku Mulai 1 Juli, Anies Baswedan Larang Kantong Plastik di Jakarta

"Mengingat posisi Matahari saat ini berada di belahan Utara. Dampaknya adalah efek penurunan suhu, khususnya di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara yang terletak di selatan khatulistiwa, yang saat ini sedang terjadi," tulis LAPAN di akun Instagramnya.

Halaman:

Editor: Lusi Nafisa

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X