Veronica Koman Diminta Kembalikan Beasiswa LPDP, Aksi Penggalangan Dana Tersebar di Media Sosial

- 12 Agustus 2020, 16:00 WIB
Aksi solidaritas untuk penggalanan donasi membantu Veronica Koman. /kolase Facebook Free Papua Movement Australia dan Twitter/@PapuaItuKita

ZONA JAKARTA - Lagi-lagi Veronica Koman jadi perbincangan publik setelah Polda Jatim menetapkannya sebagai tersangka kasus ujaran kebencian dan penyebaran berita hoaks, terkait insiden di Asrama Mahasiswa Papua (AMP) di Jalan Kalasan Surabaya pada 17 Agustus 2019 lalu.

Ketika itu, Veronica diketahui telah melakukan tindakan provokasi di media sosial Twitter dalam bahasa Inggris dan disebar ke dalam negeri maupun luar negeri tanpa adanya fakta yang sebenarnya.

Kini, Veronica Koman lagi-lagi jadi sorotan usai beredar kabar jika Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) meminta kembali dana beasiswa yang dikucurkan kepada aktivis tersebut untuk kuliah di luar negeri.

Diketahui, dana beasiswa yang diminta senilai Rp 773.876.918,00, jumlah yang terbilang tak main-main banyaknya.

Adanya kabar tersebut menuai pro dan kontra dari publik hingga akhirnya muncul aksi solidaritas penggalangan dana untuk membantu Veronica Koman dari hukum finansial pemerintah RI.

Baca Juga: 9 Kali Temui Djoko Tjandra di Luar Negeri, Jaksa Pinangki Kini Ikut Masuk Bui, Penyidik: Malam Tadi

Dikutip Zonajakarta.com dariĀ Antara, Kepolisian Daerah Jawa Timur sendiri sempat menelusuri transaksi keuangan yang ada di rekening tersangka kasus dugaan hoaks Asrama Mahasiswa Papua Surabaya hingga berujung kerusuhan di Papua, Veronica Koman, yang saat ini berada di luar Indonesia.

"Kami sudah mengembangkan juga terkait dengan transaksi keuangan yang masuk dan keluar," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan kepada wartawan di Mapolda Jatim di Surabaya, Selasa, 10 September 2019.

Veronica diketahui sedang melanjutkan pendidikan S2 hukum karena mendapatkan beasiswa di salah satu negara tetangga Indonesia.

Halaman:

Editor: Nika Wahyu

Sumber: Twitter, Facebook, Zona Jakarta, Antara News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X