Ketok Palu! Pemprov DKI Jakarta Akhirnya Resmi Hapus Kebijakan SIKM

- 15 Juli 2020, 19:10 WIB
Petugas memeriksa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta terhadap pengendara kendaraan bermotor yang melintas menuju Jakarta di perbatasan wilayah, Depok, Jawa Barat, Rabu (27/5/2020). Pemprov DKI Jakarta memberlakukan kebijakan SIKM Jakarta untuk mencegah potensi gelombang kedua COVID-19 di ibu kota. /(indrianto eko suwarso/antara)

ZONA JAKARTA - Surat izin keluar masuk (SIKM) bagi warga yang akan masuk dan keluar DKI Jakarta sempat hangat diperbincangkan.

SIKM sendiri merupakan kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melihat banyaknya warga yang keluar masuk ke Jakarta.

Setelah menggaungkan SIKM di berbagai titik Jakarta, akhirnya Pemprov Jakarta menghapus pemberlakuan SIKM.

Baca Juga: Niatnya Tes Swab Covid-19, Balita Malah Tewas Usai Alat Pendeteksi Corona Patah di Hidung

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 agar persyaratan SIKM tersebut dihapus.

"SIKM ini memang kewenangan dari Pemprov DKI. Saya sudah memberikan catatan kepada Gugus Tugas agar itu sekalian ditiadakan saja,” kata Menhub Budi saat rapat kerja dengan Komisi V DPR di Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Dikutip Zonajakarta.com dari Antara, Budi menilai SIKM tidak menyeluruh diwajibkan kepada penumpang angkutan umum. Pasalnya, kini SIKM hanya diwajibkan bagi penumpang untuk angkutan udara, kereta api, dan bus AKAP.

“Karena memang percuma udara, kereta api, bus (berlaku SIKM) tetapi darat tidak dilakukan, saya sudah sampaikan,” katanya.

Baca Juga: Miris, Siswi Kelas 6 SD Dipaksa Kawin Siri dengan Pria Tua di Banyuwangi

Halaman:

Editor: Nika Wahyu

Sumber: ANTARA, RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X