Bikin Malu Pejabat Korea Selatan, Nama KF-21 Boramae Indonesia Unit 2 Dikritik Banyak Orang: Sembrono!

- 14 Januari 2022, 18:07 WIB
Jet Tempur KF-21 Boramae
Jet Tempur KF-21 Boramae /Korea Aerospace Indonesia


Zonajakarta.com- Proyek jet tempur KF-21 Boramae Indonesia dan Korea Selatan dijadwalkan terbang perdana di tahun 2022 ini.

Meski unit 1 KF-21 Boramae masih berjalan, namun kabar mengejutkan datang dari unit 2 jet tempur hasil kerjasama Korea Selatan dan Indonesia tersebut.

Tak seperti KF-21 Boramae unit 1 yang memiliki arti nama mendalam baik bagi Indonesia maupun Korea Selatan, calon nama unit 2 dirasa janggal bagi banyak pihak.

Baca Juga: Pejabat Korea Selatan Diam-diam Lakukan Hal Ini di Waktu Luang Agar KF-21 Boramae Tetap Indonesia Bayar

Dikutip Zonajakarta.com dari The Drive, lewat artikel terbitan 9 April 2021 lalu, arti nama KF-21 Boramae terbongkar.

"Korea Selatan telah meluncurkan prototipe pertama dari pesawat tempur pribumi generasi berikutnya, yang sebelumnya disebut sebagai KF-X, dan secara resmi menamakannya KF-21 Boramae, yang berarti elang dalam bahasa Korea," tulis the Drive.

Jauh berbeda dengan KF-21 Boramae unit 1, unit 2 digadang-gadang bakal memiliki nama yang tak biasa.

Baca Juga: Dikira Bercanda, KF-21 Boramae Indonesia Unit 2 Akan Diberi Nama Tak Biasa, Korea Selatan Geger Membahasnya

Hal ini seperti dikutip Zonajakarta.com dari artikel terbitan SBS, 1 Desember 2021 lalu, yang menyebut lembaga negara Korea Selatan, Defense Acquisition Program Administration (DAPA) mendorong rencana untuk menamai pesawat tempur Korea KF-21 Unit 2 sebagai 'Jeong Kwang-seon'. 

Ide ini terungkap dalam pertemuan eksekutif DAPA yang diperluas pada tanggal 22 November 2021 dimana, Komisaris Eun-Ho Kang berkata, "Tinjau bagaimana melembagakan KF-21 Unit 2 menjadi 'bendera Jeong Gwang seon'", dan "Jika sebuah nama resmi tidak tersedia, dokumen laporan dalam DAPA mengatakan 'Laporkan ke bendera Jung Gwang-seon".

Halaman:

Editor: Zulaika Rizkia

Sumber: SBS The Drive


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network