Makin Gahar di Medan Tempur, F-22 Raptor yang Mematikan Bakal Dibekali dengan Teknologi Baru IRST

- 15 Januari 2022, 09:13 WIB
F-22 Raptor, siluman Angkatan Udara AS
F-22 Raptor, siluman Angkatan Udara AS / / The National Interest

ZONAJAKARTA.comAngkatan Udara Amerika Serikat (AS) telah bergerak maju dengan rencana untuk mengintegrasikan sistem pencarian dan pelacakan inframerah (IRST) ke pesawat tempur kelas berat generasi kelima F-22 Raptor.

Menggabungkan IRST dengan F-22 Raptor dilakukan sebagai bagian dari peningkatan armada dalam menghadapi tantangan yang semakin besar yang ditimbulkan oleh musuh.

F-22 Raptor kini semakin menjadi 'Siluman Pembunuh' yang mematikan terlebih jika dipasangkan dengan F-22 IRST.

Baca Juga: Hanya dengan Satu Kalimat, Pilot F-22 Raptor Berhasil Usir Jet Tempur Iran yang Mengancam AS

Teknologi IRST yang dipasang di pesawat siluman F-22 Raptor ini menawarkan kemampuan khusus untuk mendeteksi dan melacak pesawat siluman, drone dan rudal jarak jauh tanpa menggunakan radar, pada awalnya direncanakan di bawah program Advanced Tactical Fighter (ATF).

Namun, sangat disayangkan IRST akhirnya dibatalkan untuk menyatu dengan F-22 Raptor karena kendala keuangan.

Kemudian sekarang ini sebuah dokumen yang dikeluarkan di bawah program Penelitian Inovasi Bisnis Kecil (SBIR) telah meminta pengajuan terkait dengan kemampuan IRST baru dan peningkatan tambahan untuk F-22.

Baca Juga: Kalahkan 12.000 Pelamar, Pilot F-22 Raptor Ini Berhasil Terpilih Jadi Kandidat Astronot NASA, Inilah Alasannya

Dokumen tersebut menyebutkan bahwa F-22 Raptor Program Office sedang mencari solusi perangkat keras dan perangkat lunak baru yang memungkinkan penginderaan inframerah jarak jauh dan kemampuan pengenalan objek.

Halaman:

Editor: Aster Juan

Sumber: Eurasian Times Air Force Magazine


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network