33 Tahun Vakum, Kini Pembom Siluman B-21 Raider AS Bangkit dengan Fitur Canggih yang Menggemparkan Dunia

- 22 September 2022, 19:23 WIB
B-21 Raider
B-21 Raider /Eurasian Times

ZONAJAKARTA.com - Setelah vakum hampir 33 tahun lamanya, kini pembom siluman B-21 Raider bangkit kembali dengan fitur bombastis.

Pembom pertama B-21 Raider abad ke-21 dan pembom siluman Angkatan Udara AS berikutnya, akan diluncurkan ke publik untuk pertama kalinya pada awal Desember, kepala akuisisi Angkatan Udara Andrew Hunter mengatakan Selasa.

Setelah 33 tahun kesenjangan besar, dunia akhirnya akan melihat pembom strategis dan pembom siluman baru di dunia setelah B-2.

Baca Juga: Erdogan Permainkan Putin, Turki Ternyata Lembur Bangun Kapal Perang untuk Ukraina, Rusia Seperti Dibodohi

Setelah bertahun-tahun ketegangan, Angkatan Udara AS akhirnya mengkonfirmasi bahwa pembom siluman B-21 Raider akan membuka penutup dalam sebuah upacara yang diselenggarakan dan disponsori oleh Northrop Grumman Corporation di fasilitas produksinya di Palmdale, California.

Andrew Hunter, asisten sekretaris Angkatan Udara AS mengungkapkan pada konferensi penerbangan, ruang angkasa, dan jaringan 2022 bahwa program "Raider" B-21 pertama akan debut pada akhir tahun ini, yang dikonfirmasi oleh pabrikan Northrop Grumman, yang berarti bahwa pesawat pengebom baru ini, sejak diluncurkan pada tahun 2014, akan segera memasuki “masa panen”.

Baca Juga: Situasi Makin Mencekam buat Putin: Tentara Ukraina Berhasil Menangkap Tiga Senjata Langka Angkatan Darat Rusia

Sebagai penerus pembom strategis siluman tata letak sayap B-2, program B-21 Raider tetap sangat rahasia.

Enam prototipe pertama, saat ini sedang dibangun di US Air Force Plant 42 di Palmdale, California, sebuah pabrik pembuatan pesawat yang dikelola bersama oleh Angkatan Udara AS dan Northrop Grumman, juga merupakan lokasi pembom strategis siluman B-2, hasilnya dari program Advanced Tactical Bomber (ATB) tahun 1980-an.

Halaman:

Editor: Muhammad Yusuf

Sumber: Defence View 19fortyfive.com


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x